verifikasi

google-site-verification: googlec264d27ca365e62e.html

Sabtu, 03 Juli 2021

Alami Benjolan di Bawah Lidah? Berikut 6 Kemungkinan Penyebabnya

Gangguan Sariawan


Benjolan di bawah lidah termasuk kondisi yang jarang dialami oleh manusia, namun bukan berarti hal ini bisa disepelekan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh hal medis yang umum hingga serius. Untuk itu, penting mengetahui apa saja kemungkinan penyebab dari benjolan ini. Dengan demikian, anda bisa melakukan penanganan dengan tepat dan sesuai prosedur kesehatan.


6 Potensi Penyebab Benjolan di Bagian Bawah Lidah


1. Gangguan Sariawan

Dilansir dari sehatQ.com, penyebab pertama yang mungkin memicu munculnya benjolan di bagian bawah lidah adalah sariawan. Sebagaimana diketahui bahwa sariawan bisa muncul di bagian mulut mana saja, termasuk salah satunya di bawah lidah. Kondisi ini umumnya muncul begitu saja tanpa sebab yang jelas.

Namun, para ilmuwan menjelaskan bahwa sariawan bisa saja muncul karena respon sistem imun manusia, cedera, perubahan hormon, stres, faktor genetik, infeksi, dan lain-lain. Biasanya, kondisi ini bersifat ringan dan akan pulih dengan sendirinya dalam 4 hingga 14 hari.


2. Infeksi Human Papillomavirus (HPV)

Di dalam direktori penyakit sehatQ.com, dijelaskan bahwa human papillomavirus atau HPV termasuk salah satu penyebab dari munculnya benjolan di bagian bawah lidah. Virus ini dapat menular melalui kontak seksual dan bisa berdampak ke alat kelamin, tenggorokan, dan mulut.

Gejala dari infeksi virus ini yaitu munculnya benjolan di bagian bawah lidah. Benjolan ini terlihat seperti daging, halus, tidak nyeri, dan bisa muncul satuan bisa muncul banyak. Infeksi HPV yang tidak segera diobati akan membutuhkan waktu lama untuk sembuh, bisa mencapai 2 tahun.


3. Kista Mukosa Oral

Benjolan di bagian bawah lidah juga bisa disebabkan oleh kista mukosa oral, yaitu kantung berisi cairan yang muncul di dekat kelenjar ludah. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang usia 10 hingga 30 tahun. Benjolan yang muncul bertekstur lembut dan memiliki warna seperti daging.


4. Sialolitiasis

Sialolitiasis merupakan penyakit yang terjadi karena terjadi kristalisasi mineral di saluran kelenjar ludah. Kondisi ini dapat menjadi penyebab benjolan di bawah lidah. Ketika muncul benjolan di bagian bawah lidah, maka anda akan merasakan nyeri yang tidak nyaman, sehingga akan mempengaruhi kenyamanan saat makan.


5. Tumor Kelenjar Ludah

Penyebab lainnya yaitu tumor kelenjar ludah yang muncul di kelenjar sublingual. Kondisi ini tidak boleh disepelekan karena tumornya memiliki potensi untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga harus segera diberikan penanganan yang tepat. Jika tumor ini berkembang di kelenjar ludah yang lebih kecil, maka memiliki potensi lebih besar untuk menjadi tumor ganas.

Selain terdapat benjolan, tumor ini juga ditandai dengan mati rasa dan nyeri otot di bagian wajah. Tidak hanya itu, penderita tumor kelenjar ludah juga sulit membuka mulut, sulit menelan, dan ada cairan yang keluar dari telinga. Berdasarkan direktori penyakit sehatQ.com, penanganan yang umumnya digunakan oleh dokter untuk kondisi ini adalah prosedur operasi.


6. Kista Limfoepitel

Kista limfoepitel umumnya muncul sebagai salah satu gejala infeksi HIV dan bersifat tidak ganas atau nonkanker dan bisa muncul di kelenjar ludah. Kista ini biasanya muncul di bawah selaput lendir yang melapisi mulut bagian dalam. Warna dari kista ini bisa mirip seperti daging, kuning, atau putih.


Benjolan yang ada di bawah lidah tentu tidak boleh disepelekan begitu saja. Meski memiliki kemungkinan hanya berupa sariawan, anda harus tetap waspada. Jika benjolan tersebut tidak hilang dalam 14 hari, maka anda disarankan untuk segera mengunjungi dokter guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar