verifikasi

google-site-verification: googlec264d27ca365e62e.html

Minggu, 26 Januari 2020

Manfaat dan Cara Kerja Panel Surya Dalam Menghasilkan Listrik


Manfaat dan Cara Kerja Panel Surya Dalam Menghasilkan Listrik



Pengertian
Panel surya adalah perangkat dengan kemampuan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik, cahaya yang digunakan terutama adalah cahaya matahari. Komponen utama yang berperan dalam menangkap dan menjadikan cahaya matahari menjadi aliran listrik adalah sel surya.

Sel surya sudah berkembang sebanyak tiga generasi, namun yang biasa digunakan di oleh publik adalah generasi pertama dan kedua, karena generasi ketiga masih dalam tahap pengembangan, dan terbatas penggunaannya pada industri tertentu saja.

Kebanyakan dari kita tentu sudah tahu apa fungsi panel surya dari bangku sekolah, alat ini banyak dimanfaatkan di lokasi dengan potensi cahaya matahari yang melimpah seperti dataran rendah yang luas. Tapi sebagian besar orang mungkin  belum tahu bagaimana cara kerja panel surya. Pada artikel kali ini kami akan berikan penjelasannya secara sederhana.

Penjelasan Cara Kerja Panel Surya
Panel surya terdiri dari beberapa sel surya, di dalam sel surya terdapat lapisan semi konduktor berbahan silikon, terdapat dua lapisan silikon dengan tipe berbeda, yaitu tipe p dan tipe n.

Bahan semikonduktor tipe P memiliki muatan positif yang berlebih, sebaliknya bahan semikonduktor tipe n bermuatan negatif. Bahan silikon memiliki efisiensi yang baik dalam produksi energi listrik.

Saat kedua semikonduktor ini terhubung, sinar matahari akan membuat elektron-elektron bereaksi, dampak dari aliran elektron dan hole akan terbentuklah medan listrik, di mana ketika cahaya matahari mengenai susunan lapisan silikon tipe-n dan tipe-p, maka akan mendorong elektron bergerak dari semikonduktor menuju kontak negatif.

Aliran Listrik yang Dihasilkan
Aliran listrik yang terbentuk dari panel surya bisa langsung dimanfaatkan, karena arus listrik yang dihasilkan berjenis DC (direct-current), namun anda juga bisa mengubah nya menjadi arus AC (alternating-current), dengan memanfaatkan inverter, aliran jenis AC bisa digunakan untuk kebutuhan rumah, kantor, bahkan pabrik besar. Anda juga bisa juga disimpan dahulu di dalam baterai, tergantung tipe panel surya yang digunakan, untuk penggunaan di rumah atau di kantor biasanya sudah dilengkapi baterai dalam perangkat panel surya nya.

Panel surya dapat memproduksi energi listrik secara optimal selama 5 jam dalam kondisi cahaya yang bagus, yaitu ketika cuaca cerah.

Jika Cuaca Mendung Bagaimana ?
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kebanyakan sistem panel surya sudah satu paket dengan baterai sebagai alat penyimpanan listrik, jadi listrik yang sudah di produksi ketika cahaya matahari sedang melimpah sudah disimpan dalam baterai ini. Tipe baterai yang direkomendasikan untuk dijadikan pilihan adalah baterai berjenis lead acid industrial, jangan tertukar dengan lead acid yang biasa digunakan otomotif, ada juga tipe lithyum yang bisa jadi pilihan kedua.

Kombinasi dengan Listrik PLN
Dengan sistem pembangkit listrik tenaga matahari menggunakan perangkat panel surya ini tidak harus berdiri sendiri, anda juga  bisa memadukannya dengan listrik PLN, terutama jika anda ingin menggunakan energi listrik ini selama 24 jam, sistem ini disebut dengan sistem grid tie, dengan cara ini anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan atau terjadi masalah pada sistem panel surya yang anda gunakan.

Sayang nya pemanfaatan panel surya sebagai electricity back-up sistem hanya bisa dilakukan jika anda berada di daerah perkotaan saja

Demikian paparan singkat mengenai cara kerja panel surya secara sederhana, penggunaan panel surya merupakan salah satu cara untuk mengurangi maslah keterbatasan energi dengan bahan bakar fosil, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda.



0 komentar:

Posting Komentar